Beranda » Artikel » Sayuran » manfaat Sayuran hijau untuk tulang

manfaat Sayuran hijau untuk tulang

Manfaat sayuran hijau sebagaimana telah Anda ketahui, Nutrisi dalam Sayuran Berdaun Hijau sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh Anda. Namun ternyata manfaatnya tidak terbatas pada kesehatan tubuh saja karena manfaat sayuran hijau juga bermanfaat bagi tulang Anda. Sayuran hijau memang kurang populer untuk kesehatan tulang dan popularitasnya kalah oleh susu sebagai penyedia kalsium nomor satu. Namun siapa sangka jika sayuran tertentu juga mengandung banyak kalsium dan vitamin K yang sangat penting bagi kesehatan tulang.

      Agar memiliki tulang yang kuat, tubuh membutuhkan kalsium, vitamin D dan vitamin K yang cukup. Ketiganya akan berkolaborasi dalam membangun dan memperbaiki tulang, dimana vitamin D dan vitamin K berperan penting untuk menyerap kalsium. Sayuran hijau seperti brokoli, kubis, bawang, selada air, kacang polong, lobak, peterseli, bok choi serta asparagus merupakan sayuran yang kaya akan kandungan vitamin K, disamping juga mengandung kalsium, sehingga akan sangat berguna bagi kesehatan tulang Anda.

      Selain itu, manfaat sayuran juga dapat meningkatkan kesehatan tulang Anda dengan cara menetralisir darah sehingga mengurangi ekskresi kalsium dan menghindari keroposnya tulang. Saat darah terlalu asam, maka tubuh akan “meminjam” kalsium dari tulang untuk menetralkan darah. Hal inilah yang dapat menyebabkan tulang menjadi keropos, apalagi bila proses tersebut sering terjadi, sementara Anda sangat kurang dalam mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kadar kalsium tinggi. Maka dari itu, untuk menjaga tulang Anda tetap sehat dan kuat, Anda dapat melengkapi makanan yang dikonsumsi sehari-hari dengan sayuran, terutama sayuran hijau, selain juga tetap meminum susu setiap hari.

      Meski begitu, Anda juga harus tahu bahwa tidak semua manfaat sayuran hijau mengandung kalsium, seperti lobak Swiss atau bayam. Alih-alih mengandung kalsium, sebuah mineral yang sangat penting untuk tulang, ternyata sayuran tersebut mengandung asam oksalat. Sebagaimana diketahui, asam oksalat merupakan suatu zat yang dapat menghambat penyerapan kalsium oleh tubuh. Maka bila Anda mengkonsumsi bayam atau lobak Swiss, hal tersebut akan berlawanan dengan tujuan Anda yang sebenarnya, yaitu untuk menyehatkan tulang dan menghindarkannya dari keropos.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s